Home Loker Luar Negeri RUU Amerika Serikat Menolak Pengkreditan Pajak Luar Negeri Kepada Rusia

RUU Amerika Serikat Menolak Pengkreditan Pajak Luar Negeri Kepada Rusia

Kedua Senator AS Ron Wyden dan Rob Portman Membuat RUU Terhadap Penolakan Pengkreditan Pajak Luar Negeri Kepada Rusia

SHARE
RUU Amerika Serikat Menolak Pengkreditan Pajak Luar Negeri Kepada Rusia

Keterangan Gambar : RUU Amerika Serikat Menolak Pengkreditan Pajak Luar Negeri Kepada Rusia

FocusNEWS. Dilansir dari DDTCNews, Senator Amerika Serikat mulai melakukan perkenalan terhadap Rancangan Undang – Undang (RUU) yang menolak pengkreditan pajak luar negeri atas pembayaran pajak kepada Rusia. Senator AS Ron Wyden dan Rob Portman menyatakan wajib pajak AS seharusnya tidak membayar pajak kepada Rusia. Karena dana tersebut dapat digunakan untuk melakukan subsidi kepada mesin peran Rusia melawan Ukraina.

“Wajib pajak Amerika seharusnya tidak menyubsidi mesin perang Rusia,” kata Wyden dan Portman dalam pernyataan Bersama, dikutip pada Minggu 22 Mei 2022.

RUU tersebut merupakan bentuk dukungan AS terhadap Ukraina sekaligus wujud pertentangan terhadap aksi Rusia dalam memerangi Ukraina. Kini, RUU tersebut tengah ditinjau oleh para pemangku kepentingan dan beberapa pakar. Apabila RUU tersebut disahkan, perusahaan AS yang melakukan pembayaran pajak ke Rusia akan menghadapi pemajakan berganda. Hal ini dikarenakan pajak yang telah dibayarkan ke Rusia tidak dapat dikreditkan sehingga dipajaki kembali oleh AS.

“Jika perusahaan memilih tetap melakukan bisnis di Rusia dan membayar pajak kepada pemerintah Putin, mereka harus kehilangan kredit pajak luar negeri dan pengurangan pajak yang dibayarkan ke Rusia di AS,” lanjut para senator di AS.

Dalam pengamatan AS telah memiliki 4 daftar negara yang atas pembayaran pajaknya dianggap tidak memenuhi syarat untuk dilakukan pengkreditan pajak luar negeri. Keempat negara tersebut adalah Korea utara, Iran, Suriah, dan Sudan. (AFF)